Tips Mendaki Gunung Untuk Pendaki Pemula Wanita

  • Share

Seiring dengan perkembangan zaman, mendaki gunung bukan lagi menjadi aktivitas yang hanya bisa dilakukan oleh laki-laki tetapi juga perempuan.

Meski demikian, paradigma tetang mendaki gunung sebagai sebuah aktivitas luar ruangan yang sangat berat tidaklah pernah berubah sama sekali.

Oleh karena itu jika kamu hendak mendaki gunung dalam waktu dekat bersama teman laki-laki atau sesama perempuan, penting sekali untuk memahami beberapa macam hal sebelum memulai perjalanan.

Tips Mendaki Gunung Untuk Pendaki Pemula Wanita

Berikut kami merangkum beberapa tips mendaki bagi perempuan pendaki pemula yang memiliki niat mendaki gunung dalam waktu dekat.

Latihan Fisik

Latihan fisik menjadi hal yang paling penting untuk dilakukan sebelum mendaki gunung, tak terkecuali para pendaki perempuan. Hal ini berguna untuk menjaga stamina agar tidak mudah lelah saat naik gunung.

Latihan fisik bisa dilakukan dengan hal-hal sederhana seperti lari pagi atau melakukan aktivitas yang membuat tubuh bergerak setidaknya seminggu sebelum memulai perjalanan mendaki.

Memakai Baju Yang Nyaman

Memilih pakaian yang nyaman ketika mendaki gunung merupakan hal yang tak boleh dilewatkan.

Pilihlah pakaian yang tidak terlalu ketat namun tetap memberikan kenyamanan dan ruang gerak yang cukup.

Pakaian yang nyaman biasanya bagi pendaki biasanya tersedia di gerai-gerai khusus. Pastikan kamu mengenakan pakaian yang tidak menganggu aktivitas selama mendaki.

Soal tipe pakaian, semua kembali kepada dirimu sendiri hendak memakai pakaian dengan tipe apa.

Membawa Obat-obatan Pribadi

Membawa obat-obatan pribadi tentu menjadi bagian yang tidak boleh dilupakan. Mulai dari obat-obatan untuk pertolongan pertama hingga pereda rasa sakit terutama saat datang bulan adalah hal yang wajib.

Paling penting adalah apabila kamu sedang menderita sakit tertentu dan masih harus meminum obat secara rutin, alangkah lebih bijaksana jika aktivitas mendakinya ditunda dulu sampai kamu benar-benar fit dan sehat.

Mendaki Secara Berkelompok

Bagi pendaki pemula, mendaki secara berkelompok hukumnya wajib supaya dalam perjalanan pendakian tidak kesasar.

Umumnya, pendaki pemula belum memiliki pengetahuan apa-apa tentang mendaki gunung. Sehingga kamu sangat disarankan untuk mendaki bersama mereka yang sudah lama malang melintang di dunia pendakian.

Keuntungan lain yang diperoleh jika mendaki secara berkelompok adalah kamu bisa meminta bantuan jika sedang mengalami kendala dalam perjalanan.

Pilih Gunung Yang Tidak Terlalu Tinggi

Pendaki pemula sebaiknya mendaki gunung yang tidak terlalu tinggi. Hal ini dapat dilakukan dengan mencari lebih banyak informasi tentang gunung yang sesuai dengan batas kemampuan si pendaki misalnya kondisi medan hingga tingkat ketinggian.

Dengan demikian kamu bisa mengukur kemampuan kamu dalam hal mendaki. Setelah itu nantinya secara berlahan-lahan kamu mendaki ke gunung dengan ketinggian lebih dari sebelumnya.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *