Tanda Nyata Kamu Hanya Dimanfaatkan Orang Lain

  • Share

Sebagai makhluk sosial, manusia memiliki fungsi fundamental dalam hidupnya, yakni bermanfaat untuk dirinya sendiri dan orang lain. Seperti pepatah lama yang mengatakan bahwa antara manusia yang satu dengan manusia lainnya harus memegang komitmen simbiosis mutualisme. Hal ini dikarenakan tidak ada manusia yang bisa hidup dengan seorang diri.

Namun, di balik semua itu, sering kali orang-orang terjebak dengan yang namanya “manfaat”. Entah dimanfaatkan orang lain ataupun memanfaatkan orang lain. Kedua ini merupakan suatu kekeliruan yang harus diluruskan pada stigma-stigma miring masyarakat.

Untuk itulah, kenali seperti apa sikap dan sifat orang-orang terdekatmu. Hal ini bertujuan untuk memberikan rasa nyaman kepadamu maupun kepada orang sekitarmu. Barangkali saat ini kamu kurang merasa nyaman, mungkin kamu hanya dimanfaatkan oleh orang lain. Jika kamu belum mengetahuinya, berikut penjelasan di bawah ini mengenai beberapa tanda nyata kamu hanya dimanfaatkan orang lain.

Bukankah mereka juga tidak memikirkan perasaanmu? Dengan bersikap seperti ini kamu tidak lantas menjadi jahat, melainkan kamu sedang menyelamatkan dirimu sendiri dari lingkaran paling berbahaya dalam hidupmu.

Tanda Nyata Kamu Hanya Dimanfaatkan Orang Lain


Mereka Hanya Datang Saat Ada Butuhnya Saja

Tanda Nyata Kamu Hanya Dimanfaatkan Orang Lain

Pada hakikatnya, manusia memang membutuhkan manusia lainnya untuk membantu menyelesaikan segala urusan dan permasalahan yang sedang merundunginya. Jika kamu sering mendapati orang-orang yang hanya datang kepadamu saat meminta bantuan saja, kemungkinan besar mereka hanya sekadar memanfaatkanmu.

Perihal hati memang tidak ada seorang pun yang tahu, akan tetapi kamu sendiri tentu bisa membedakan seperti apa seseorang yang benar-benar tulus selalu ada untukmu dan orang-orang yang hanya datang kepadamu saat ada butuhnya saja. Sementara itu, dia lekas pergi setelah diberi bantuan olehmu. So, hati-hatilah sebab pada akhirnya kamu sendirilah yang akan merasa tersakiti.

Saat Kamu Membutuhkan Bantuan Orang Lain, Tidak Ada yang Datang Meski Seorang Saja

Tanda Nyata Kamu Hanya Dimanfaatkan Orang Lain

Hal yang paling menyakitkan adalah saat kamu sedang berada di masa-masa tersulitmu, akan tetapi tidak ada seorang pun yang datang membantumu. Sementara saat mereka sedang dilanda kesulitan, kamu sangat berperan penting dalam hidupnya. Ingat, tidak ada alasan selama mereka menganggapmu penting.

Sesibuk apa pun kegiatan dan pekerjaan yang mereka lakukan, seharusnya jika mereka mengingat kembali seperti apa kebaikan yang kamu lakukan terhadapnya, maka mereka akan datang membantumu meski hanya meluangkan waktu sebentar saja. Namun, beda hal nya jika tidak mereka tak kunjung mendatangimu. Itu artinya mereka mungkin selama ini hanya memanfaatkanmu saja.

Mereka Akan Melupakanmu Saat Semua Urusannya Telah Selesai

Tanda Nyata Kamu Hanya Dimanfaatkan Orang Lain

Siapa pun tahu bahwa segala hal yang dilupakan bukanlah prioritas penting dalam hidupnya dan dilupakan adalah salah satu hal yang paling menyakitkan. Mereka hanya akan datang kepadamu saat dirinya sedang dilanda masalah yang bertubi-tubi. Harapannya tentu saja tidak lain untuk mendapatkan bantuan darimu.

Selepas semua masalah dan urusannya selesai, di situlah kamu bisa melihat bagaimana karakter asli dari seseorang. Jika mereka meninggalkanmu seorang diri, sudah bisa dipastikan bahwa selama ini peranmu dalam hidupnya tak lain hanya untuk membantu meringankan segala bebannya. Sedangkan di posisi bahagianya, mereka tidak ingin menyertakan kamu dalam hidupnya.

Jarang Mengajakmu untuk Kumpul Bersama 

Tanda Nyata Kamu Hanya Dimanfaatkan Orang Lain

Sebuah perkumpulan akan terwujud dengan hangat dan harmonis bila orang-orang di dalamnya memiliki satu frekuensi yang sama dan nyambung saat diajak ngobrol. Tak peduli apa pun itu obrolannya, seseorang biasanya akan mengajak orang yang dianggapnya layak untuk kumpul bersama.

Jika hal itu tidak terjadi kepadamu dan mereka sangat jarang sekali mengajakmu untuk kumpul bersama, itu artinya secara diam-diam mereka sedang memanfaatkanmu dengan cara yang cukup elegan agar kamu tidak merasa tersakiti olehnya.

Di Depanmu Mereka Akan Memujimu, Tetapi Di Belakangmu Mereka Akan Menjelek-jelekanmu

Tanda Nyata Kamu Hanya Dimanfaatkan Orang Lain

Orang-orang bermuka dua memang akan sangat merugikan orang lain. Entah itu bagi orang-orang terdekatnya ataupun orang yang baru pertama kali mereka temui. Tak bisa dipungkiri bahwa ciri paling nyatanya mereka akan selalu memuji kebaikan dan kelebihanmu saat berada di hadapanmu. Sementara itu, mereka akan menjelma menjadi seseorang yang sangat berbahaya bagimu karena menjelek-jelekkan sikapmu di hadapan orang lain.

So, berhati-hatilah dengan orang-orang seperti ini. Jika kamu sudah mengetahui bagaimana sikap orang tersebut, batasi dirimu untuk selalu memberinya bantuan tatkala mereka meminta pertolonganmu. Bukankah mereka juga tidak memikirkan perasaanmu? Dengan bersikap seperti ini kamu tidak lantas menjadi jahat, melainkan kamu sedang menyelamatkan dirimu sendiri dari lingkaran paling berbahaya dalam hidupmu.

Tidak Adanya Rasa Nyaman yang Kamu Rasakan

Tanda Nyata Kamu Hanya Dimanfaatkan Orang Lain

Hubungan percintaan, persahabatan, dan pertemanan akan terasa harmonis jika berlandaskan kenyamanan satu sama lain. Dan perihal kenyamanan, pada dasarnya tidak ada seorang pun yang bisa mendefinisikannya. Karena semua itu mengalir bak air sungai di pagi hari: tidak terduga dan tidak terdefinisi.

Dengan begitu, kamu sendiri bisa membedakan apakah kamu sedang dimanfaatkan orang lain atau justru tidak sama sekali. Biasanya diri sendirilah yang mampu merasakan suasana tersebut. Seandainya kamu merasa sangat tidak nyaman, bisa jadi kamu sedang dimanfaatkan oleh orang lain akan tetapi kamu tidak menyadarinya.

Demikianlah sederet penjelasan mengenai Tanda Nyata Kamu Hanya Dimanfaatkan Orang Lain. Menjadi baik memang merupakan suatu keharusan, akan tetapi membiarkan dirimu sendiri tersakiti demi membantu urusan orang lain, itu artinya kamu sedang membiarkan dirimu sendiri jatuh ke tempat kesendirian yang nantinya tidak ada seorang pun yang membantumu.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *