20 Ide Peluang Usaha di Desa yang Potensial dan Menguntungkan

  • Share
20 Ide Peluang Usaha di Desa yang Potensial dan Menguntungkan

Peluang Usaha di Desa – Tinggal di desa mungkin bukan suatu hal yang membanggakan untuk sebagian besar orang. Hal ini lantaran desa dikenal dengan pertumbuhan ekonominya yang kurang maju, peluang yang sedikit, dan pastinya kurang keren. Padahal banyak juga peluang usaha di daerah sepi yang tetap potensial.

Jika Anda bisa melihat lebih dalam lagi, sebetulnya banyak sekali usaha yang bisa Anda ciptakan di desa. Anda bisa mengolah ladang yang subur, tanah yang luas, memanfaatkan pekarangan yang bebas menjadi sumber pendapatan untuk Anda.

20 Ide Peluang Usaha di Desa yang Potensial dan Menguntungkan


Peluang usaha bisa muncul dari kecerdasan dalam melihat kondisi sekitaran yang kemudian diubah menjadi ladang penghasil uang. Termasuk juga peluang usaha di daerah sepi dimana bisa Anda manfaatkan untuk menebalkan dompet. Berikut ini beberapa ide yang bisa Anda jadikan referensi:

1. Bertani

Jika Anda hidup di desa, maka peluang usaha yang pastinya bisa menguntungkan adalah dengan bertani. Ya, peluang usaha pertanian dapat digarap di daerah sepi dimana Anda bisa memanfaatkan tanah desa yang subur untuk menghasilkan pundi uang.

Untuk tanaman apapun yang ingin Anda tanam tentu bebas. Anda bisa menanam padi yang nantinya bisa dijual dalam bentuk beras, menanam ragam sayur mayur untuk dijual ke para pengepul atau tanaman lainnya.

2. Pertanian Organik

Jika bertani biasa saja terlihat kurang istimewa, maka bagaimana jika Anda terjun ke dunia pertanian organik? Saat ini bahan pangan organik memang sedang dicari untuk keperluan kesehatan. Harga bahan organik ini lebih tinggi dibanding yang biasanya.

Tentunya jika harga yang dijual di pasaran sangat tinggi, maka bisa jadi peluang usaha di daerah sepi yang sangat potensial. Anda bisa memasok ke beberapa supermaket di kota mengingat kebutuhan di kota akan bahan organik amat sangat besar.

Pertanian organik ini sangat cocok di daerah pedesaan yang sepi mengingat jauh dari polusi, tanahnya subur dan bisa terawat dengan baik. Dengan kualitas yang bagus, pastinya Anda akan dipercaya sebagai supplier untuk berbagai toko organik dan supermarket.

3. Menjual Bibit Tanaman

Jika Anda tidak memiliki lahan yang luas untuk bisa digarap, maka tenang saja karena ada peluang usaha di daerah sepi lainnya yang bisa Anda jadikan usaha. Anda bisa menjual bibit tanaman apapun untuk para petani.

Anda bisa menjual bibit tanaman secara lengkap mulai dari tanaman yang biasa untuk persawahan misalnya padi dan sayur mayur, hingga bibit pohon untuk perkebunan. Pasti banyak sekali tetangga Anda yang tertarik.

4. Menjual Alat Pertanian

Sesuai yang sudah disebutkan sebelumnya jika pertanian tentu menjadi ladang usaha utama untuk orang yang tinggal di pedesaan. Anda pun bisa memfasilitasi para petani tersebut dengan menyediakan berbagai macam alat pertanian.

Anda bisa menjual cangkul, traktor dan peralatan tani lainnya. Jika Anda melengkapinya dengan menjual bibit tanaman, maka akan jadi duet peluang usaha di daerah sepi yang tepat. Tawarkan saja ke petani-petani di sekitaran Anda.

5. Menjual Pupuk

Tanaman apapun akan lebih subur jika diberikan perawatan yang baik. Salah satu perawatan yang dimaksud tentu saja pupuk. Kadang mendapatkan pupuk di pedesaan tidak semudah yang dibayangkan.

Untuk menjawab kesulitan ini, Anda bisa jadi solusi dengan menjadikan usaha pupuk sebagai peluang usaha di daerah sepi. Sediakan berbagai macam jenis pupuk sehingga para petani bisa memilih sesuai budget yang dimiliki.

6. Menjual Obat Hama

Bagi para petani, hama adalah musuh besar untuk hasil pertaniannya. Tentunya para petani ini membutuhkan obat hama misalnya pestisida dan juga obat lainnya sehingga pertaniannya bisa lebih subur tanpa hama.

Kebutuhan obat hama di desa terpencil biasanya cukup tinggi. Anda bisa belanja obat hama ke kota dan menyediakan secara eceran pada para petani kecil di sekitaran kawasan rumah Anda. Tentu ini akan jadi peluang usaha di daerah sepi yang sangat menjanjikan.

7. Ternak Ayam Kampung

Tak hanya pertanian, peternakan di desa yang sepi dan terpencil juga kebanyakan amat sukses. Untuk kebutuhan tinggi saat ini adalah daging ayam. Jika daging ayam negeri sudah terlalu biasa, maka isilah kebutuhan daging ayam kampung.

Ayam kampung terkenal lezat dan juga gurih sehingga banyak dibutuhkan oleh banyak restoran dan konsumen di desa hingga perkotaan. Jika Anda berhasil menyuplai semuanya, maka tentu pundi uang akan begitu cepat masuk ke kantong Anda.

8. Ternak Ayam Petelur

Tak hanya ternak ayam untuk daging saja, jika modal Anda tidak terlalu besar, maka bisa juga untuk beternak ayam petelur. Tidak perlu langsung sedia ribuan ayam, namun bisa dimulai dengan beberapa puluh ayam dulu.

Perlu diketahui jika kebutuhan telur setiap harinya sangat besar mengingat telur adalah makanan lezat dengan tinggi protein. Tak heran jika ternak ayam petelur bisa jadi jawaban untuk peluang usaha di daerah sepi.

9. Ternak Bebek

Kebutuhan daging bebek pun kini tak kalah besar di kalangan masyarakat. Anda bisa memanfaatkan kebutuhan tersebut sebagai peluang usaha di daerah sepi. Daerah pedesaan sepi cocok sekali untuk beternak bebek karena pakan yang banyak dan lingkungan kondusif.

Di lingkungan yang cenderung asri, bebek akan bisa diternak lebih mudah. Anda bahkan bisa bebas melepaskan bebek ke wilayah sungai hingga persawahan mengingat pedesaan luas. Dengan demikian, bebek yang diternak pun juga tidak stres sehingga dagingnya bisa berkualitas.

10. Ternak Sapi Potong

Ternak ayam dan bebek sudah terlalu umum, maka Anda bisa juga menjadikan ternak sapi potong sebagai jawabannya. Tentu saja untuk ternak sapi potong ini butuh modal yang sangat besar. Namun, untuk penghasilannya tentu sangat potensial.

Beternak sapi potong di wilayah pedesaan yang sepi akan bisa memberikan keuntungan tersendiri untuk Anda. Anda bisa bebas mendapatkan rumput sebagai makanan sapi. Rumputnya pun pasti segar mengingat ada di pedesaan.

11. Ternak Sapi Perah

Sukses beternak sapi potong, Anda juga bisa mengembangkan dengan usaha ternak sapi perah. Hal ini lantaran susu menjadi komoditas yang sangat banyak dicari saat ini. Anda bisa menjual susu hasil perahan ke kota mengingat kebutuhan dari susu murni yang tinggi.

Anda tentu sudah melihat banyak sekali kreasi susu murni yang dicampur dengan berbagai rasa. Kini kafe semacam ini sedang jadi tren dan menjamur sehingga bisa bekerja sama dengan Anda.

12. Ternak Kambing

Aqiqah dan kurban menjadi kewajiban yang harus ditunaikan. Untuk itu, ternak kambing bisa jadi peluang besar. Ternak kambing justru lebih mudah dibanding sapi. Selain itu, modal yang dikeluarkan pun juga tak begitu semahal ketika ternak sapi.

13. Ternak Ikan Lele

Pecel lele, lele bakar, lele penyet dan menu lele lainnya memang lezat. Tapi banyak sekali penjual yang sulit mendapatkan lele. Jika Anda memiliki lahan di belakang atau depan rumah yang kosong, maka bisa juga dijadikan ternak lele.

Ternak lele termasuk mudah dengan tingkat kegagalan kecil. Modalnya juga tidak banyak karena hanya butuh kolam dan juga bibit lele. Pakan lele juga mudah dicari di pedesaan terpencil.

14. Usaha Telur Asin

Ragam makanan dengan saus telur asin kini sedang jadi tren di perkotaan. Anda bisa memasok telur asin ke perkotaan dan mengembangkan usahanya di desa.

Dengan telur bebek berkualitas dan cara pengasinan yang tepat, maka dipastikan telur Anda akan laris manis di kota. Anda juga tetap bisa penuhi kebutuhan telur asin di pedesaan kawasan Anda dengan menitipkannya di warung makan dan toko.

15. Jamur Tiram

Punya lahan belakang rumah yang tidak terpakai pun bisa jadi tempat Anda mengembangkan usaha jamur tiram. Tak perlu lahan besar karena usaha jamur tiram ini bisa dengan lahan kecil saja.

Modal yang dibutuhkan tak begitu besar karena Anda hanya butuh media tanam yang tepat dan juga bibit jamurnya.

16. Pengepul Hasil Pertanian

Pertanian adalah usaha terkuat di pedesaan. Namun, banyak petani yang sulit menjual hasil panennya. Anda bisa juga jadi pengepul hasil pertanian dari petani. Untuk mendapat keuntungan, Anda bisa menjualnya ke kota besar dengan sistem kerja sama.

17. Usaha Jamu Tradisional

Saat ini tren kesehatan sedang sangat tinggi. Jamu adalah salah satu obat asli Indonesia yang banyak diburu. Anda bisa membuat usaha jamu tradisional dari hasil bertani tanaman obat. Dengan demikian kualitasnya tidak akan diragukan lagi.

18. Usaha Kerajinan Khas

Usaha kerajinan juga bisa dilakukan. Anda bisa menggandeng para tetangga di sekitar untuk membuat suatu kerajinan khas di daerah Anda. Anda bisa menjualnya di kota sebagai suvenir dan oleh-oleh.

19. Usaha Makanan

Usaha makanan pun bisa jadi peluang usaha di daerah sepi. Namun, Anda harus lebih cerdas memilih jenis makanan apa yang akan dibuat mengingat daerah tersebut sepi dan terpencil. Anda bisa jual makanan beku, makanan olahan kering dan lain sebagainya.

20. Toko Bahan Pokok

Mengingat daerah Anda termasuk terpencil, maka tentu mendapatkan bahan pokok seperti minyak, gula dan lainnya kadang sulit. Jadi, Anda bisa belanja besar ke kota lalu menjualnya secara eceran pada tetangga di sekitaran. Tentu ini akan sangat memberikan kemudahan.

Itulah rekomendasi peluang usaha di daerah sepi yang bisa Anda jadikan referensi. Anda bisa memilih jenis usaha yang sesuai dengan passion dan kemampuan Anda. Pastikan sesuaikan juga modalnya sehingga tidak memberatkan Anda.

  • Share