Solusi Mouse dan Keyboard Masih Menyala Meski Laptop Dimatikan

  • Share
Solusi Mouse dan Keyboard Masih Menyala Meski Laptop Dimatikan

Mouse dan Keyboard Masih Menyala – Ketika laptop dalam keadaan dimatikan (shutdown), pada dasarnya port USB tidak akan bisa digunakan. Tapi bagaimana jika laptop yang kamu miliki justru berbeda, seluruh port USB dapat dipakai sehingga alat seperti mouse dan keyboard masih menyala.

Hal seperti itu biasanya disebabkan karena laptop tersebut memiliki fitur layaknya powerbank. Jadi meski perangkat telah dimatikan, sebagian kondisi sistemnya masih menyala. Dan fitur tersebut dinamakan Power-Off USB Charging.

Walau tidak semua laptop memiliki fitur ini, namun kamu bisa mengecek di Google, apakah laptop yang kamu gunakan telah mendukung fitur tersebut. Sehingga bisa jadi masalah yang kamu alami disebabkan akibat fitur tersebut.

Jika anda mengalami masalah USB komputer yang tetap menyala ketika komputer sudah dimatikan, mungkin salah satu penyebabnya yaitu Pengaturan Motherboard anda yang salah. Pada motherboard Legacy atau Modern seperti UEFI terdapat fitur-fitur khusus yang menyebabkan USB tetap memberikan daya walau komputer dalam keadaan mati.

Hal ini menyebabkan :

  • Perangkat USB seperti Keyboard, Mouse, Speaker, Moderm dan sebagainya tetap menyala
  • Lampu LED atau RGB pada motherboard tetap menyala
  • Kipas komputer yang terhubung tetap berputar
  • Power terbuang sia-sia sehingga menyebabkan listik menjadi boros

Solusi Mouse dan Keyboard Masih Menyala Meski Laptop Dimatikan


Nah, untuk mengatasi Mouse dan Keyboard Masih Menyala Meski Laptop Dimatikan, anda dapat mengikuti beberapa langkah berikut ini. Simak artikel lengkapnya :

1. Aktifkan Mode Deep Sleep di Bios

Pada komputer modern, port-port ACPI Power biasanya akan tetap aktif agar komputer dapat meminimilasir masalah kompatibilitas perangkat serta membuat komputer booting lebih cepat.

Namun, hal ini akan mengakibatkan komputer kita tetap menghabiskan daya walaupun dalam keadaan mati.

Dalam table ACPI Power State, dikenal istilah sebagai berikut (diurut dari yang paling boros hingga paling irit daya)

Power stateACPI stateKeterangan
WorkingS0Sistem ini sepenuhnya bisa digunakan jika ada komponen yang terhubung
Sleep
(Modern Standby)
S0 low-power idleState ini mendukung mode daya rendah (stanby) namun bisa berubah ke mode normal dengan cepat jika diperlukan.
SleepS1
S2
S3
State ini menghasilkan daya yang sedikit. Biasanya digunakan untuk memberikan daya ke USB seperti perangkat Keyboard, Mouse, Fan, Heatsink, Modem, LAN dan sebagainya.
HibernateS4State ini seperti mati, namun tetap memberikan respon daya ketika dibutuhkan.
Soft OffS5Sistem tampaknya mati. 
Keadaan ini terdiri dari siklus shutdown dan boot penuh.
Mechanical OffG3Sistem ini benar-benar mati dan tidak mengkonsumsi daya. 
Sistem kembali ke kondisi kerja hanya setelah reboot penuh.

Nah, dari tabel diatas, kita dapat mengetahui bahwa State S1 hingga S3 merupakan state yang menyebabkan komputer kita dapat tetap menyala walau dalam keadaan shutdown.

Bahkan dalam beberapa komputer modern, S4 dan S5 juga bisa termasuk.

Maka dari itu, untuk mengatasi Komputer tetap menyala walaupun sudah di shutdown, maka kita harus menonaktifkan power state tersebut, salah satu caranya yaitu :

  • Masuk ke BIOS / UEFI
  • Cari menu Power option
  • Kemudian Aktifkan mode Deep Sleep
  • Lalu ganti State ke S4 atau S5
  • Atur juga Wakeup Ivent jadi Disable

Setiap pabrikan motherboard mungkin memiliki tata letak menu yang berbeda-beda. Merek seperti Asus, Asrock, Biostar, MSI, Gigabyte, dan sebagainya pasti berbeda-beda.

Jadi anda harus mencarinya sendiri. Jika sedikit kesulitan, anda bisa membaca buku manual motherboard atau mengunjungi forum terkait.

2. Matikan Mode Fastboot di Windows dan Motherboard

Jika cara diatas masih belum berhasil, anda dapat mencoba cara alternatif berikut ini.

Dalam prinsip kerja Fastboot, sebenarnya komputer diperintahkan untuk melakukan proses load maksimal ketika booting. Selain itu, perangkat penting seperti RAM, Harddisk, dan USB biasanya diberi daya kecil.

Hal inilah yang menyebabkan Keyboard dan Mouse tetap menyala walau dalam keadaan shutdown. Untuk mengatasi hal ini, anda bisa mematikan mode Fastboot di Motherboard dan Windows. Ikuti langkah berikut.

1. Mematikan Fastboot di Windows

  • Buka Control Panel > Power Option > System Setting
  • Kemudian hilangkan centang pada menu “Turn on fast startup”
  • Lalu klik Save changes

2. Mematikan Fastboot di Motherboard

  • Reboot komputer kemudian masuk ke BIOS / UEFI
  • Masuk ke menu Boot atau Power Option
  • Cari menu Fastboot
  • Kemudian ubah menjadi Disable

Setiap motherboard pasti memiliki letak menu yang berbeda-beda. Jadi pastikan anda mencari nya atau membaca buku petunjuk motherboard.

3. Cabut Daya

Jika anda malas melakukan semua cara diatas, ada cara yang paling simple yang bisa anda lakukan. Yaitu mencabut daya komputer dari saklar.

Selain itu anda dapat mematikan saklar yang terdapat pada bagian Power Supply. Dengan cara ini daya listrik ke komputer akan 100% terputus.

Sehingga semua komponen komputer tidak akan mendapatkan daya. Cara ini dapat menghemat pengeluaran tagihan listik bulanan anda.

Sekian artikel mengenai cara mengatasi Keyboard dan Mouse USB yang tetap nyala ketika komputer di Shutdown. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, anda dapat meninggalkan komentar di bawah ya.

  • Share