Cara Mengatasi Laptop Hidup Lagi Setelah Dimatikan

  • Share
Cara Mengatasi Laptop Hidup Lagi Setelah Dimatikan

Laptop Hidup Lagi – Pernahkah mengalami hal yang sangat janggal pada perangkat Windows yang kamu miliki? Masalah janggal ini merupakan hal yang baru dialami oleh sahabat saya, yaitu saat mematikan Windows 10 dengan cara shutdown, bukannya mati akan tetapi laptop tersebut justru hidup lagi seperti layaknya sengaja direstart.

Dalam hal ini masalah laptop dinonaktifkan lalu hidup lagi ternyata bukanlah masalah baru bagi laptop Windows. Karena hal tersebut dapat dipengaruhi oleh banyak faktor khususnya masalah sistem yang crash.

Cara Mengatasi Laptop Windows Hidup Lagi Setelah Shutdown

Memiliki performa yang kencang dan aman memanglah sebuah harapan bagi setiap pengguna laptop atau komputer Windows. Apalagi berbicara tentang keamanan privasi pengguna.

Oleh sebab itu, dikala Microsoft memberikan update patch untuk sistem operasinya, sebagian orang berlomba-lomba untuk menjalankan Windows Update pada perangkat mereka masing-masing agar dapat segera menerapkan update sistem yang diberikan.

Biasanya Microsoft memberi pembaruan pada sistem keamanan, personalisasi tampilan serta perbaikan performa pada setiap update patch yang dirilis melalui Windows Update.

Cara Mengatasi Laptop Hidup Lagi Setelah Dimatikan


Namun apa jadinya jika yang diperoleh dari hasil update sistem tersebut bukan kinerja yang lebih baik melainkan terjadi masalah pada laptop?

1. Setting Power Options (Mematikan fast start-up)

  1. Silahkan sobat cari menu power & sleep di pencarian aplikasi di windows.
  2. Setelah sobat mendapatkan dan sudah membukanya, cari tulisan additional power setting di paling bawah, lalu sobat klik tulisan tersebut.
  3. Tindakan itu akan membuka jendela baru seperti gambar dibawah ini, klik tulisan choose what the power yang sudah saya kotakin merah.
  4. Setelah itu akan terbuka jendela baru lagi seperti gambar dibawah ini, disini sudah terlihat menu turn on fast start-up yang masih tercentang, tujuan kita adalah menghilangkannya centang tersebut, sebelum menghilangkannya untuk membuatnya bisa di klik silahkan klik tulisan change settings that are currently unavalaible.
  5. Sekarang sobat sudah bisa mengklik dan menghilangkan centangnya, silahkan simpan pengaturan dengan klik tombol save changes.

2. Edit Registry

Cara kedua ini sebenarnya saya dapat dari artikel lain di internet, dan dari komentarnya ada yang berhasil dengan cara ini, jadi tidak ada salahnya saya juga mencantumkannya di artikle kali ini. Namun karena saya tidak pernah mencobanya secara langsung, saya tidak merekomendasikan cara kedua ini, saya lebih menyarankan sobat menggunakan cara pertama saja. 

  1. Silahkan sobat cari menu Registry Editor sobat bisa mencarinya seperti cara sebelumnya.
  2. Lalu windows akan menampilkan deretan folder dan file, silahkan sobat cari PowerDownAfterShutdown yang lokasinya terdapat di HKEY_LOCAL_MACHINE > SOFTWARE > Microsoft > Windows NT > CurrentVersion > Winlogon, semangat ya mencarinya????.
  3. Setelah sobat menemukannya silahkan klik 2 kali nama filenya, maka akan muncul dialog seperti gambar dibawah ini, silahkan coba sobat ganti pada bagian value menjadi 0 ke 1 ataupun sebalikanya, klik OK untuk menyimpannya.

Setelah menerapkan salah satu dari kedua cara diatas sobat bisa merestart komputer untuk membuktikan apakah solusinya berhasil atau tidak, jikapun tidak berhasil saya mohon maaf karena menurut pengalaman dan artikel lain di internet 2 cara diatas cukup efektif untuk mengatasi windows yang hidup lagi setelah shutdown, jika ada pertanyaan atau ada cara lain yang lebih mudah yang sobat ingin sampaikan silahkan berkomentar ya. Sampai jumpa, terima kasih.

  • Share