Cara Mengatasi Jaringan Tidak Muncul di OPPO

  • Share
Cara Mengatasi Jaringan Tidak Muncul di OPPO

Mengatasi Jaringan Tidak Muncul di OPPO – OPPO bisa dibilang cukup rajin dalam menghadirkan seri smartphone android terbaru, baik itu untuk segmen low-end, mid-end maupun high-end. Merupakan salah satu brand ternama asal Tiongkok, OPPO juga menawarkan produk smartphone unggulannya dengan harga terjangkau.

Meskipun ada beberapa seri HP flagship dari OPPO yang dijual dengan harga yang lumayan mahal. Akan tetapi itu sudah sangat sebanding dengan performa kinerja dan fitur canggih yang disediakan di dalamnya. Yang pasti pengguna akan sangat dimanjakan dengan performa mumpuni dari HP OPPO.

OPPO menyematkan berbagai fitur canggih di dalamnya guna untuk memudahkan berbagai aktivitas dari para pengguna. Satu kelebihan dari OPPO yang sudah banyak diketahui oleh pecinta smartphone, yakni pada segi kamera. HP OPPO dibekali dengan fitur kamera yang berkualitas bagus dengan hasil jepretan yang memuaskan. Ada pula seri HP OPPO yang didukung dengan fitur zoom yang memungkinkan untuk diperbesar hingga beberapa kali. Dengan fitur ini, objek yang letaknya jauh sekali pun bisa terlihat jelas di kamera.

Dibalik semua keunggulannya tersebut, ada masanya HP OPPO mengalami masalah error. Misalnya saja error pada bagian sinyal atau jaringan HP yang tidak muncul. Kartu SIM yang dipasang tidak terdeteksi jaringannya sehingga pengguna tidak bisa menggunakan jaringan operator seluler tersebut. Beberapa dari pengguna mungkin masih banyak yang belum tahu cara mengatasi jaringan tidak muncul di OPPO tersebut. Apakah kamu juga salah satuny? Kalau begitu kamu wajib membaca ulasan di bawah ini sampai selesai.

Penyebab Masalah Jaringan Tidak Muncul di OPPO


Jaringan operator yang tidak mau muncul di HP OPPO ini bisa disebabkan oleh beberapa hal. Penyebab ini sendiri bisa dari kesalahan pengguna, kerusakan pada komponen hardware dan software HP ataupun dari operator seluler yang kamu gunakan. Adapun beberapa penyebab jaringan tidak muncul di OPPO selengkapnya, sebagai berikut :

  1. Lokasi yang belum tercover jaringan operator secara maksimal.
  2. HP terlalu panas atau overheat dikarenakan digunakan secara terus-menerus dan sambil mengecas.
  3. Terlalu banyak file cache yang menumpuk di RAM sehingga menyebabkan kinerja HP memburuh bahkan menyebabkan error pada komponen jaringannya.
  4. Kesalahan dalam pengaturan jaringan seluler di HP OPPO.
  5. Kartu SIM rusak atau terblokir.
  6. Slot kartu SIM bermasalah, baik itu karena banyak debu atau kotoran yang menyumbat, jarum pada slot bengkok atau patah, kabel atau konektor slot kartu SIM yang bermasalah dan lain sebagainya.
  7. Melakukan lock sinyal 4G LTE pada HP OPPO.
  8. Tidak menggunakan versi ColorOS terbaru sehingga terdapat banyak bug atau error di dalamnya.
  9. Terdapat error atau bug pada sistem software HP.

Cara Mengatasi Jaringan Tidak Muncul di OPPO


Untuk mengatasi masalah jaringan tidak muncul di smartphone OPPO semua tipe, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Tidak perlu bingung, karena cara-cara yang disediakan tersebut cukup mudah untuk diterapkan. Adapun langkah-langkah untuk memperbaiki masalah sinyal tidak muncul di OPPO.

1. Pindah ke Area yang Terjangkau Jaringan Operator

Mungkin saja di lokasimu saat ini belum tercover jaringan dari operator yang kamu gunakan. Jika benar, tidak heran jika jaringan di smartphone OPPO milikmu tidak muncul atau tidak terdeteksi. Atau bisa juga lokasimu tersebut terhalang oleh gunung, bukit ataupun gedung tinggi sehingga sinyal tidak bisa ditangkap dengan baik.

Solusinya dengan berpindah ke area lapang dan lebih tinggi. Bisa juga dengan datang ke perkotaan atau daerah yang dekat dengan kota.

2. Mengaktifkan Mode Pesawat

Menghidupkan Mode Pesawat atau Mode Penerbangan akan membantu memperbaiki masalah error

pada jaringan di HP OPPO. Cara ini akan membuat jaringan di HP direstart dan akan memperbarui ulang secara otomatis.

Cukup aktifkan Mode Pesawat di HP OPPO dan biarkan beberapa saat. Kemudian kamu matikan lagi Mode Pesawat tersebut, maka HP akan mendeteksi ulang jaringan yang tersedia.

3. Restart HP OPPO

Jika masih tetap jaringan di HP tidak muncul, maka kamu bisa melakukan restart HP OPPO. Cara ini akan membantu memperbaiki semua masalah error ringan pada HP, termasuk juga masalah jaringan yang bermasalah. Saat HP menyala lagi, jaringan operator akan secara otomatis dideteksi dan dimunculkan lagi.

Selain mengatasi masalah jaringan, restart HP OPPO juga akan membantu mempercepat performa kinerja HP. Ini karena semua data atau cache yang tersimpan di RAM akan dihapus secara permanen.

4. Mengatur Jaringan ke Mode Otomatis

Masalah lainnya yakni karena kamu salah dalam mengatur mode jaringan seluler yang ada di HP OPPO. Misalnya saja mengaturnya ke mode 2G/3G Onlya atau bahkan lock jaringan 4G LTE Only. Sebaiknya kamu memilih mode otomatis agar HP secara mandiri memilih jaringan mana yang paling kuat dan siap digunakan pada HP.

Untuk mengatur mode jaringan pada HP OPPO semua tidak terbilang mudah, yakni:

  • Pertama kamu masuk ke menu Pengaturan.
  • Kemudian pilih opsi Kartu Dual SIM.
  • Selanjutnya pilih kartu SIM yang tidak muncul jaringannya, baik itu SIM1 atau SIM2.
  • Lalu atur mode jaringannya ke mode 4G/3G/2G (Otomatis).
  • HP akan mencari jaringan yang paling kuat dan menerapkannya pada HP OPPO milikmu.

5. Cek SIM Card dan Port SIM Card

Masalah mungkin terjadi pada kartu SIM yang kamu gunakan. Pastikan kartu SIM dalam keadaan baik, yakni tidak ada goresan pada kuningan, tidak debu atau kotoran yang menempel, dan juga kuningannya tidak patah atau rusak. Jika hanya terdapat kotoran atau goresan, kamu cukup gunakan karet penghapus pensil dan gosok secara perlahan pada bagian kuningan SIM card tersebut.

Port SIM card pada smartphone OPPO juga bisa menjadi penyebab lainnya. Pastikan pada port tidak terdapat debu dan kotoran yang menyumbat, jarum yang bengkok atau patah, kabel terputus atau kerusakan lainnya. Jika memang ada, sebaiknya kamu lakukan perbaikan pada port SIM card tersebut.

6. Perbarui Versi ColorOS pada HP OPPO

ColorOS merupakan sistem operasi modifikasi milik OPPO yang diterapkan pada semua produk smartphone besutannya. Mereka rutin memberikan update ColorOS versi terbaru pada setiap tipe HP OPPO untuk meningkatkan performa dan mengatasi bug yang ada di dalamnya. Mungkin saja di HP OPPO milikmu masih menggunakan versi ColorOS lama sehingga mengalami error pada jaringannya.

Kalau begitu kamu perlu melakukan pembaruan versi ColorOS untuk mengatasi masalah satu ini. Untuk langkah-langkah update ColorOS ke versi terbaru di HP OPPO semua tipe tersebut, yakni :

  • Pertama kamu masuk ke menu Pengaturan di HP OPPO.
  • Kemudian klik pada opsi Pembaruan Perangkat Lunak.
  • Perangkat akan mendeteksi apakah ada versi terbaru ColorOS.
  • Jika ada, kamu bisa langsung memasangnya.

Selain dengan cara di atas, kamu juga bisa melakukan pemasangan ColorOS versi terbaru secara offline dengan mengunduh firmware di situs resmi OPPO. Pastikan kamu memilih versi ColoOS sesuai dengan tipe smartphone OPPO milikmu.

7. Factory Reset HP OPPO

Dan cara yang terakhir untuk mengatasi masalah jaringan OPPO tidak muncul yakni dengan melakukan factory reset atau hard reset. Ada dua cara yang bisa dilakukan, yakni reset lewat Pengaturan dan lewat menu Recovery Mode. Kamu bisa memilih salah satu cara yang dianggap paling mudah.

Di sini akan diterangkan cara reset HP OPPO melalui menu Pengaturan atau Setting, yakni :

  • Pertama kamu masuk ke menu Pengaturan di HP OPPO.
  • Kemudian masuk ke opsi Pengaturan Tambahan.
  • Selanjutnya klik pada opsi Buat Cadangan dan Reset.
  • Jika memang masih mau mencadangkan file penting dari memori internal, kamu bisa pilih Cadangkan Data.
  • Untuk mulai melakukan factory reset OPPO, kamu klik pada opsi Reset ke Data Pabrik.
  • Tunggu sampai prosesnya selesai dan HP melakukan restart dengan sendirinya. Biasanya membutuhkan waktu agak lama sampai HP menyala kembali.
  • Selesai.

Setelah proses reset HP OPPO selesai, nantinya HP akan kembali seperti baru lagi. Berbagai masalah error di dalamnya akan teratasi, termasuk masalah jaringan yang tidak bisa muncul.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi jaringan tidak muncul di OPPO beserta penyebabnya yang harus kamu tahu. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

  • Share