Cara Memperbaiki Headset Bluetooth Mati Sebelah

  • Share
Memperbaiki Headset Bluetooth Mati Sebelah

Headset Bluetooth Mati – Headset bluetooth atau disebut juga headset wireless ini sering menjadi pilihan karena pemakaiannya yang anti ribet. Semakin sering pemakaian headset bluetooth ini juga bisa jadi menemui beberapa permasalahan, seperti mati sebelah. Namun tahukah bahwa cara memperbaiki headset bluetooth mati sebelah tidaklah sulit.

Memperbaiki Headset Bluetooth Mati Sebelah

Beberapa alasan mendasar mengapa bluetooth mati sebelah, diantaranya headset ada yang berdebu. Serta yang terparah ada yang hingga putus kabel di dalamnya.

Untuk mengetahui alasan headset sedikit bermasalah ikuti cara-cara mudah yang dapat dilakukan di bawah ini. Dengan demikian artikel ini akan membahas cara memperbaiki headset bluetooth mati sebelah dengan mudah.

Cara Memperbaiki Headset Bluetooth Mati Sebelah


Ada beberapa tahap yang dapat Anda coba untuk memperbaiki headset bluetooth mati sebelah. Karena, ini adalah faktor-faktor utama yang seringkali menjadi penyebabnya. Berikut diantaranya

1. Pastikan Terlebih Dahulu Headset Bluetooth Bisa Mengisi Daya

Cara memperbaiki headset Bluetooth mati sebelah yang pertama harus dilakukan ialah bisa mengisi daya atau tidak. Dengan begitu dapat dipastikan bahwa headset bluetooth masih bisa berjalan dengan normal. Namun, salah satu sisi headsetnya mati yang belum tau mengapa.

Mengetahui headset bluetooth yang bisa mengisi daya dengan baik dapat dijadikan satu indikator bahwa komponen di dalamnya baik-baik saja. Dan berjalan dengan normal tidak ada kabel yang terputus ataupun mengalami konslet di dalam headset.

2. Buka Pengaturan Di Perangkat Handphone

Setelah mengetahui headset Bluetooth masih bisa mengisi daya dengan baik. Lalu pastikan untuk bluetooth pada smartphone dan juga headset sama-sama dalam keadaan nyala. Cek juga apakah perangkat bluetooth keduanya masih tersambung ataukah sudah terputus ketika sudah mengecek semuanya.

Kemudian buka pengaturan pada perangkat handphone untuk masuk ke pengaturan bluetooth. Klik lupakan perangkat atau forget this device terlebih dahulu untuk membiarkan sementara headset tidak tersambung pada perangkat manapun.

3. Kemudian Letakkan Headset Bluetooth Pada Case Untuk Mengisi Daya

Cek juga baterai sudah penuh atau bahkan kosong usahakan untuk meletakkan headset bluetooth pada case untuk mengisi daya. Biarkan terlebih dahulu hingga daya pada headset benar-benar sudah penuh. Ketika sudah penuh segera lepas dari case pengisi daya.

Kemudian nyalakan kembali bluetooth pada headset dan juga perangkat smartphone. Dan sambungkan kembali kedua perangkat tersebut apabila belum bisa matikan lagi ulangi untuk menyambungkan kedua perangkat tersebut. Pastikan benar-benar kedua perangkat tersebut sudah menyambungkan atau belum.

4. Coba Putar Beberapa Lagu Apakah Berfungsi Dengan Baik

Setelah sudah yakin tersambungkan kedua perangkat tersebut. Langkah selanjutnya yang harus diambil dalam cara memperbaiki headset bluetooth mati sebelah ialah mencoba memutar lagu. Usahakan untuk mencoba lagu dari beat rendah hingga tinggi untuk memastikan saja headset sudah berfungsi.

Saat masih belum bisa juga coba sambungkan pada perangkat yang lainnya. Untuk memastikan ketika disambungkan dengan perangkat atau smartphone lain masih bisa berfungsi dengan baik atau memang sudah tidak bisa. Bisa jadi juga faktor jarak yang terlalu jauh antara smartphone dengan headset.

5. Cek Juga Apakah Headset Bluetooth Berdebu

Faktor terakhir yang bisa menyebabkan headset bluetooth mati sebelah ialah dibawah headset tertutupi debu. Sehingga suara tidak dapat terdengar karena tertutupi oleh debu atau kotoran lainnya yang dapat menyumbat suara akan keluar.

Cukup bersihkan dengan tisu basah pastikan headset dalam keadaan mati supaya tidak tersetrum. Juga alat untuk membersihkan jangan terlalu basah bisa saja airnya masih ke dalam headset malah merusak jaringan di dalamnya. Sangat disayangkan bukan jika sudah begitu.

Jadi sekian pembahasan mengenai beberapa cara memperbaiki headset Bluetooth mati sebelah dengan mudah. Walaupun memang yang namanya barang elektronik itu pasti bisa saja rusak kapan saja di waktu yang tidak dapat ditebak.

Tetapi ada baiknya untuk merawat dan sayangilah barang-barang elektronik tertentu untuk memperpanjang umur pemakaiannya.

  • Share